Search

Atari Menuduh Mantan Developer Tempest 2000 Menjiplak Tempest 2000

TxK, sebuah game action yang dirilis di PlayStation Vita saat ini tengah menjadi perdebatan yang cukup panas. Hal ini disebabkan karena Jeff Minter, seorang developer indie yang menciptakan game tersebut dituduh menjiplak Tempest 2000, yang dirilis oleh Atari pada tahun 1998. TxK sendiri dirilis satu tahun yang lalu, tepatnya pada bulan Febuari 2014.


TxK memang pada kenyataannya dirancang sebagai versi modern dari Tempest 2000, namun satu hal yang membuat masalah ini menjadi rumit adalah fakta bahwa Jeff Minter dulu adalah mantan developer dari game yang sudah sangat tua tersebut. Atari memberikan kesan bahwa Jeff menggunakan dokumen desain serta kode yang digunakan di game tersebut.


Sebuah surat yang ditulis Atari pada tahun 2014 dan ditujukan kepada Jeff menyatakan bahwa tidak seperti pernyataan Jeff, TxK bukanlah game yang “orisinal” dan tidak mungkin bisa disebut sebagai game “ciptaan” dia. Atari juga menyebutkan bahwa selama masa pengembangan Tempest 2000 Jeff hanya membuat update saja dan sama sekali tidak berkontribusi dalam menciptakan game pertamanya yang berjudul Tempest.



id="attachment_88555" style="width: 610px" class="wp-caption aligncenter"> class="size-full wp-image-88555" src="http://ift.tt/1F68lsl" alt="Tempest 2000 | Screenshot" width="600" height="406" />


class="wp-caption-text">Screenshot Tempest 2000

id="attachment_88556" style="width: 610px" class="wp-caption aligncenter"> class="size-full wp-image-88556" src="http://ift.tt/1Gryy1I" alt="TxK | Screenshot" width="600" height="338" />


class="wp-caption-text">Screenshot TxK

Tentu saja seperti yang bisa kamu bayangkan, Jeff Minter cukup frustrasi dalam menghadapi masalah ini. Saat ini Atari tidak berniat untuk membawa masalah ini ke jalur hukum, namun harapan Jeff untuk membawa game TxK ke platform lain di luar PS Vita sirna. Tidak hanya itu Atari juga meminta biaya ganti rugi untuk pelanggaran hak cipta kepada Jeff.



style="text-align: center;"> title="15 Game Yang Wajib Kamu Mainkan Di PS Vita" href="http://ift.tt/1rgrSyV">Wah, padahal TxK termasuk salah satu game PS Vita yang kami rekomendasikan lo. Cek juga game PS Vita lainnya yang juga kami rekomendasikan di sini

Pelanggaran hak cipta di dunia pengembangan game pada kenyataannya memang sedikit aneh. Rasanya kita semua sudah melihat banyak sekali game terkenal yang menjadi korban jiplakan seperti title="Updated: 12 Game Tiruan Clash of Clans Yang Tidak Kalah Seru" href="http://ift.tt/1mj4l9H">Clash of Clans dan title="3 Pelajaran Yang Bisa Kita Ambil Dari Fenomena Game Flappy Bird" href="http://ift.tt/1bl4vOA">Flappy Bird, namun tidak pernah terkena masalah pelanggaran hak cipta. Secara pribadi saya melihat cukup banyak kemiripan dari dua game ini. Semoga saja masalah ini bisa cepat terselesaikan dan kedua belah pihak dapat mencari jalan tengah yang menguntungkan keduanya.


Post rel="nofollow" href="http://ift.tt/1F68iwB">Atari Menuduh Mantan Developer Tempest 2000 Menjiplak Tempest 2000 muncul terlebih dahulu di rel="nofollow" href="http://ift.tt/1hfN0hA">Games in Asia Indonesia.



Sumber http://ift.tt/1BXNfK9






Read More http://ift.tt/1O7LzmD


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Atari Menuduh Mantan Developer Tempest 2000 Menjiplak Tempest 2000"

Post a Comment

Powered by Blogger.